Chat with us, powered by LiveChat

Manajemen Folder & File mungkin terdengar sepele, namun tidak disangka hal kecil seperti ini sangat berpengaruh besar terhadap kinerja dan produktivitas sehari-hari. Pada normalnya, mayoritas orang belum tahu dan tidak mengambil pusing mengenai hal ini. Namun dilihat dari faktor realita, berkas atau file ini hampir sama seperti barang barang yang ada di rumah kita. semakin berantakan barang barang ini, semakin membuat mood atau aktivitas semakin berat.

“Orientation of Success Start from Perfection in Small Things” ~Ismunandar Al Fajr

Bagaimana manajemen folder & file ketika tidak ada waktu sama sekali ? Semua permasalahan ini kembali kepada persepsi masing-masing. untuk beberapa orang memang masih dapat bekerja normal tanpa mempengaruhi kualitas kinerja mereka meskipun ruang kerja mereka berantakan, tapi untuk mayoritas orang, hal ini merupakan permasalahan yang serius. Nah, pada hal ini akan timbul pertanyaan bagaimana cara mengatur folder dengan baik dan benar ? Berikut adalah jawabannya

Manfaat & Prosedur Menata Berkas pada Komputer dengan Teratur

  • Dapat menambah fokus untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan
  • Dapat mengembangkan pola pikir secara sistematis
  • Dapat menghemat waktu proses pencarian file / berkas
  • Dapat menambah wawasan dan pengetahuan
  1. Langkah pertama dalam merapikan folder / file adalah membuat sebuah folder general atau umum dalam berbagai bidang, dapat lebih dari 1 folder karena terdapat banyak subyek pada berbagai hal. contoh adalah folder Science, Economic, Social.
  2. Kemudian buat sub folder pada bidang masing masing, seperti contoh adalah Science dapat bercabang Fisika, Biologi, Kimia.
  3. Kemudian buat sub folder pada sub bidang masing masing, seperti contoh adalah Biologi dapat bercabang mengenai bioinformatics, bioelectrical, biogas.
  4. dan seterusnya… , Semakin spesifik sebuah folder maka semakin mudah untuk mencari dan menambah wawasan mengenai bidang tersebut.

Inti dari permasalahan konsep manajemen folder & file adalah bagan sebuah subyek dari bidang ilmu, atau lebih dikenal dengan mind mapping. fungsi pemetaan sangat membantu dan berperan besar dalam proses manajemen.

Semoga informasi diatas dapat membantu sahabat informasi untuk lebih baik dalam melakukan aktivitas,

Selamat Mencoba…

Author: admin

Leave a Reply